BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine
optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin
pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma
pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster
melalui meta tag pada
kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi
tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata
kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara
menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga
mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini
menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik
bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi
yang relevan dan
berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford,
berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub,
sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk
memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang
kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas
masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja
PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh
peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain.
Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah
kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs
berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus
situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah
permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut
dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan
dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang
berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi
standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang
berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga
menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan
Pengertian SEO
2. Apa keuntungan melakukan SEO
1.3 Tujuan
1.
Untuk mengetahui pengertian SEO
2.
Untuk mengetaui keuntungan melakukan SEO
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Berikut ini merupakan contoh SEO
Ada sebuah artikel di
website yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian dioptimasi halaman
artikel tersebut dengan teknik SEO yang digunakan dengan mentarget kata kunci
“cara membuat jaringan warnet”, setelah dioptimasi dengan baik hasil halaman
tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci dengan target tersebut.
2.2
Keuntungan Melakukan SEO
Keuntungan dari melakukan
SEO, diantaranya yaitu :
1. Mendatangkan
Traffic yang Banyak
Kita
semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine
pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada
keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.
2. Meningkatkan
Penjualan
Jika
suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id
yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang
mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut
ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO
tersebut.
3. Meningkatkan
Daya Saing
Mudah
saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi
maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.
2.3
Sekilas Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan,
istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun
1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma
mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma
pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster
melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan
informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan
serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster
melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan
konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan
memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak
akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna
internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
2.4
Dasar SEO
Dasar SEO ini merupakan
pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search
engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan
diterapkan jika anda ingin menjadi ahli SEO atau membuat situs berada pada
halaman/posisi satu google
dengan kata kunci yang anda target.
2.4.1On
Page SEO
On
Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan
beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo
ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman
tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking
#1 Google.
Berikut
dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :
1. Title
Tag
Title
Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena
umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti
atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai
title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
2. Meta
Description
Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda
3. URL
URL
singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut
suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu
sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
Heading
adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen
html. Heading berbeda dengan tag <title >.
Html
menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >)
adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (<
h6 >) adalah yang terkecil.
5. Image & Image ALt Tag
Perlu
kita ketahui, mesin pencari tak bisa membaca gambar. Yang mereka baca adalah
judul gambar dan Image ALT Tag sangat membantu gambar kita ditemukan di mesin pencari.
Beberapa
orang mengakses internet melaui handphone ‘mungkin’ menghilangkan gambar.
Ketika mereka mencari gambar, hanyalah list-list tulisan dan ALT Tag sangat
berguna disini. Buat deskripsi singkat dengan ALT Tag, jangan terlalu panjang.
Cukup mewakili gambar.
6. Link to Site Authority
Link
to authority site yaitu merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link
menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook
dan masih banyak lagi.
Bagaimana
cara mengetahui situs yang dipercayai google? anda dapat melihatnya dari Page
Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa
dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).
Kemudian
bagaimana cara untuk mengetahui PR dari suatu situs? cara termudah yaitu anda
cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari browser Google
Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome,
untuk Mozila Firefox anda dapat menggunakan seo toolbar dari seobook
2.4.2
Off Page SEO
Off
Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari
luar situs (menggunakan backlink). Backlink
adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang
lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search
Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya
Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai
PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.
Oleh
karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai
backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita
ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari
situs yang berPR tinggi.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Optimisasi mesin
pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa
disingkat SEO) adalah
serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik
kunjungan melalui mesin
pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Keuntungan melakukan SEO adalah mendatangkan traffic yang banyak, meningkatkan
penjualan serta meningkatkan daya saing.
3.2 Saran
Diharapkan pembaca dapat
memahami yang kami sampaikan pada paper ini untuk menambah pengetahuan tentang
SEO dengan baik
Tolong dong untuk gambar yang ada di artikel ini di perbaiki, tidak bisa tampil. Terima Kasih.
BalasHapusMerpati termahal di indonesia
BalasHapusinfo seputar burung kicau terkini
BalasHapus